Heboh Komisioner KPAI, Kominfo Pernah Ingatkan Hoax 'Hamil di Kolam Renang'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 17:07 WIB
Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty
Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty (Dok. KPAI)
Jakarta -

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty membuat kehebohan setelah menyebut 'wanita berenang di kolam renang bersama pria bisa hamil'. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pernah mengklarifikasi informasi ini sebagai hoax.

Hoax ini mulanya beredar sekitar Maret 2018. Hoax ini berasal dari situs daring Islamdetikini.

"Beredar posting-an di media sosial Facebook sebuah unggahan foto seorang wanita yang sedang hamil dalam posting-an tersebut juga terdapat sebuah tautan dari islamdetikini.com yang berjudul nyata gadis ini tiba tiba hamil setelah berenang di kolam renang," tulis Kominfo di laman resminya, dilihat detikcom, Minggu (23/2/2020).

"Perempuan yang diduga hamil tersebut karena sperma ada di kolam renang, menurut link tautan tersebut temperatur kolam renang mencapai 30 derajat Celsius cocok untuk sperma bertahan hidup," lanjut Kominfo.

Namun, Kominfo menjelaskan, dokter spesialis obsetri dan ginekologi RS National Hospital dr Hendera Hendri SpOG menyebut tidak mungkin sperma bisa bertahan hidup di kolam renang. Sebab, sperma butuh media untuk bertahan. Sedangkan di dalam kolam berenang terdapat kaporit dan bahan-bahan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2