Menkes Terawan Minta Alat-alat di RSCM yang Terendam Segera Dikeringkan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 16:00 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Menkes Terawan (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta terkena dampak banjir. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan meminta semua peralatan dicek.

"Kita cek, sudah dibersihkan semua. Vendor-vendor kita panggil sesuai dengan merek alatnya untuk bisa dipercepat (pengeringan) agar alat-alat tersebut bisa beroperasional segera. Nanti alat-alat setelah dikeringkan langsung dicoba oleh vendor. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam waktu singkat," kata Terawan, di RSCM Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Dia menjelaskan, banyak peralatan medis di RSCM yang terendam. Terawan mengungkapkan semua alat medis harus segera dikeringkan agar pelayanan bisa kembali normal.

"Kemudian saya mengecek apakah bisa dipercepat untuk berfungsi lagi atau tidak karena itu menyangkut kepentingan orang banyak ya," lanjutnya.

Terawan pun menerangkan, dia berkoordinasi dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) untuk mengecek alat radiologis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui besaran radiasi dari alat tersebut.

"Kan kalau habis terendam, kalau nyala juga harus dicek. Radiasinya cocok apa tidak. Tetap harus dilakukan pengecekan," ucapnya.

Dia pun berharap alat-alat medis yang terendam bisa segera digunakan. Namun Terawan tak menjelaskan apakah ada alat medis yang rusak atau tidak. Menkes pun tidak menjelaskan berapa banyak alat medis yang terendam.

"Karena itu, prinsip satu, pelayanan tidak boleh terhenti. Dua kehati-hatian tidak boleh dilupakan. Saya juga memberikan semangat pada semua staf untuk tetap bekerja melayani masyarakat," pungkas dia.

(gbr/gbr)