Atasi Banjir Kemang, Walkot Jaksel Upayakan Pembebasan Lahan Pinggir Kali

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 15:34 WIB
Jalan Kemang Utara IX, Jakarta Selatan (Jaksel) sempat terendam banjir (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jalan Kemang Utara IX, Jakarta Selatan (Jaksel), sempat terendam banjir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel) Marullah Matali mengatakan banjir yang sempat terjadi di Jalan Kemang Utara disebabkan oleh luapan Kali Mampang. Dia mengatakan banyak warga yang membangun rumah di bantaran kali.

"(Penyebab banjir di Jalan Kemang Utara) Luapan Kali Mampang. Itu bukan banjir, itu jalannya air lah, biasa jalannya air. Orang banyak bikin rumah di situ, pinggir kali sekali. Saya sudah komunikasi dengan warga juga 'Sudah kita enjoy, Pak di sini, nggak apa-apa kok', itu selorohnya mereka," ujar Marullah.

Hal itu disampaikan dia saat menanggapi soal banjir di Jalan Kemang Utara, saat dihubungi detikcom, Minggu (23/2/2020).

Untuk mengatasi masalah ini agar tak berulang, Marullah menuturkan bahwa dia telah berkomunikasi dengan warga soal pembebasan lahan mereka.

"Mereka kan dalam format pembebasan lahan mereka, pinggir-pinggir kali itu kan. Ya (sudah komunikasi dengan warga soal pembebasan lahan)," ucap dia.

Sebelumnya detikcom mendatangi Jalan Kemang Utara IX pukul 13.00 WIB hari ini. Salah satu warga, Daryono mengungkapkan pada 2020 ini, kawasan Kemang Utara sudah 6 kali kebanjiran. Banjir terjadi karena air di Kali Mampang meluap.

Simak Video "Jakarta Hari Ini Kebanjiran Lagi"

Selanjutnya
Halaman
1 2