Warga Mengeluh Kemang Utara 6 Kali Kebanjiran di Awal 2020

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 13:25 WIB
Jalan Kemang Utara IX, Jakarta Selatan (Jaksel) sempat terendam banjir (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jalan Kemang Utara IX, Jakarta Selatan (Jaksel), sempat terendam banjir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Jalan Kemang Utara IX, Jakarta Selatan (Jaksel), sempat terendam banjir. Warga menyebut jalanan ini selalu banjir.

"Selalu banjir, langganan. Banjir karena air kiriman dari Bogor. Di sini kalau nggak hujan, di sana hujan (Bogor), di sini (Kemang Utara) banjir," kata warga sekitar, Daryono, di Jalan Kemang Utara IX, Jaksel, Minggu (23/2/2020).

Daryono mengatakan, pada 2020 ini, kawasan Kemang Utara sudah 6 kali banjir. Banjir terjadi karena air di Kali Mampang meluap.

"Kalau banjir sekarang tingginya sampai sekitar 80 sentimeter, sepinggang. Banjir tadi cuma di jalan, nggak sampai ke rumah-rumah. Udah 6 kali (banjir)," ucapnya.

Dia menerangkan, hujan turun dari sekitar pukul 01.00 WIB sampai 06.00 WIB. Hujan menyebabkan Jalan Kemang Utara IX banjir dari pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

Air pun naik hingga sepinggang orang dewasa dari pukul 04.00 WIB sampai 08.00 WIB. Daryono mengatakan, sekitar pukul 08.00 WIB tadi, air lama-kelamaan surut.

"Pas sekitar pukul 10.00 WIB sudah surut total. Tadi lalu lintas sempat ditutup. Sekitar pukul 09.00 WIB motor baru bisa lewat tapi jalannya pelan-pelan," ujarnya.

Daryono pun berharap pemerintah bisa mengatasi banjir di Kemang Utara. Dia berharap tanggul di Kali Kemang bisa ditinggikan.

"Minimal berkurang lah. Iya dikeruk juga kalinya biar makin lebar. Langganan banjir kan di sini. Sistem peringatan dini juga nggak ada," kata Daryono.

Terpantau di Jalan Kemang Utara IX pada pukul 13.00 WIB, lalu lintas normal kedua arah. Kendaraan dari Bangka menuju Mampang bisa melaju dengan lancar. Hal yang sama terlihat dari arah sebaliknya.

Pada jalan ini masih ada sisa lumpur. Sebagian badan jalan pun masih sedikit basah. Selain itu, masih ada genangan air di sekitar lokasi. Namun hal ini tidak membuat lalu lintas macet.

(gbr/dkp)