Bu RT di Jalan Anyer Menteng: Ini Banjir Paling Parah

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 12:18 WIB
Sisa banjir di Jalan Anyer RT 013 Kelurahan Menteng, Jakpus (Matius Alfons/detikcom)
Sisa banjir di Jalan Anyer RT 013 Kelurahan Menteng, Jakpus. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Banjir merendam dua RW dan 14 RT di Menteng Jakarta Pusat. Banjir kali ini disebut yang paling parah.

Pantauan detikcom, air masih menggenangi beberapa rumah di Jalan Anyer, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020), pukul 11.35 WIB. Terlihat beberapa warga juga masih berjibaku mengeluarkan air banjir yang masuk hingga rumahnya.

Terlihat beberapa perabotan hingga kasur juga rusak dan basah karena banjir. Berdasarkan informasi dari RT setempat, banjir mulai menggenangi perumahan dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Ibu RT 013, Yulidar, mengatakan ada sekitar 86 keluarga yang terkena dampak banjir di RT-nya. Dia menyebut banjir juga merendam perumahan elite di RT 01.

"RT saya ada 86 KK ini kena, RT 013 aja 86 KK, info dari group, RT RW semua kena, kecuali RT 010 hanya sebagian, RT 014, RT 012 itu kena sebagian ke bawah, kalau RT 013 itu kena semua. Di sini ada 14 RT. RT elite RT 01, RT Ambarawa juga kena itu berarti," kata Yulidar saat ditemui di lokasi.

Yulidar mengatakan banjir kali ini yang paling parah. Sebelumnya, banjir parah pernah melanda pada 2006.

"Biasa nggak pernah kena, dulu itu terakhir 2006 deh ini banjir. Kalau ini bukan banjir kiriman, ini air hujan, hujan berhenti juga turun. Yang paling parah dari sebelum sebelumnya, sebelumnya awal Januari banjir juga tapi nggak masuk, tapi ini yang paling parah sampai masuk," ujarnya.

Dia menyebut banjir hingga pinggang orang dewasa atau lebih dari 1 meter. Dia menduga banjir terjadi karena pompa di Pegangsaan sudah tidak bisa menampung air lagi.

"Segini nih (menunjuk pinggang), tuh liat masuk ada bekasnya, itu kasur terendam, segini sepinggang ini. (Penyebab) nggak tahu, kali ini aja nih, ada pompa nggak tertampung lagi kali," papar Yulidar.

Saat ini banjir sudah mulai surut. Namun hingga kini warga RT 013 masih menunggu bantuan dari pemerintah.

"Harapannya ya biar nggak banjir lagi," sebutnya.

Simak Video "Banjir di Kebon Pala Mulai Surut, Sebagian Warga Masih Ngungsi"

[Gambas:Video 20detik]

(maa/gbr)