Sukseskan PON Papua, Polda Metro Gelar Kampanye Antinarkoba di CFD Besok

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 21:41 WIB
kolam bundaran HI
Foto: ahmad ziaul Fitrahudin/detikcom
Jakarta -

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya akan menggelar kampanye antinarkoba di car free day (CFD) Minggu 23 Februari. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyukseskan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Maksu dan tujuan kampanye ini sebagai upaya pencegahan kepada seluruh masyarakat, untuk menjauhi narkoba dan bersatu padu perangi narkoba dalam rangka menyukseskan pelaksanaan PON 2020 di Papua," kata Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Herry Heryawan kepada detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Polri dan Polda Metro Jaya dalam rangka mewujudkan 'Jakarta Zero Narkoba'. Kampanye juga dilakukan untuk menciptakan generasi unggul yang bebas narkoba.

PON 2020 menjadi momentum yang tepat dalam menggelorakan anti-narkoba. Dharapkan, dengan adanya kegiatan ini, para atlet yang akan bertanding di PON 2020 dapat bersaing secara sehat tanpa narkoba.

"Mudah-mudahan PON 2020 ini menjadi momentum bagi daerah lain untuk mulai sekarang menyiapkan diri. Salah satu indikatornya agar nantinya bibit unggul itu bagaimana mereka harus bebas narkoba," katanya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bundaran HI, Jakarta Pusat mulai pukul 06.00 WIB. Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Idham Azis dijadwalkan akan hadir dalam kegiatan ini.



Selain itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Kepala BNNP DKI hingga tokoh masyarakat Papua yang ada di Jakarta juga akan menghadiri kegiatan tersebut.

Memerangi narkoba bukan tugas kepolisian semata. Sinergitas antarlembaga dan instansi diperlukan dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Jadi semangat kebersamaan kita dan momentum menuju PON 2020 di Papua, kita ajak seluruh msyarakat untuk menggelorakan memerangi narkoba," tuturnya.

Kegiatan ini juga akan dihadiri sejumlah selebriti dan duta antinarkoba serta pegiat antinarkoba. Kegiatan akan diramaikan dengan kesenian tradiosional Papua. Dalam kesempatan ini, penyelenggara juga akan memamerkan sejumlah sampel narkoba. PON 2020 sendiri akan dilaksanakan di Papua pada tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020.

(mei/mea)