Round-Up

Polemik Formula E di Monas Masih Mengemuka, Aspal Sirkuit Sudah Diuji Coba

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 21:37 WIB
Uji aspal Formula E di Monas
Uji aspal Formula E di Monas. (Foto: Pool Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Persiapan ajang balap Formula E jalan terus di tengah polemik yang masih mengemuka. Uji coba aspal trek balap di Monas pun sudah dimulai.

Polemik Formula E yang bergulir mulai dari perizinan hingga tak ada rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta soal Formula E ngegas di kawasan Monas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga belum buka suara terkait polemik ini. Namun, Jakpro memastikan, persiapan Formula terus dikebut.

Organizing Committee (OC) Formula E sudah mulai uji coba pengaspalan di atas blok batu area Monas pada Sabtu (22/2/2020) dini hari. Uji coba itu akan berlangsung selama lima hari hingga Rabu (26/2) mendatang, kemudian dikelupas lagi. Uji coba yang dilakukan semata-mata untuk mengukur kekuatan saat dilintasi balap Formula E.

Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana menjelaskan, adalah hal yang lumrah ketika aspal sirkuit balap di atas blok batu dibongkar pasang. Dia mencontohkan trek balap di Paris, Prancis, yang juga pengaspalannya dikelupas lagi setelah balap usai.

"Pelapisan lalu kemudian dikelupas dilakukan Paris, di Roma, ini dilakukan setiap tahun. Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala," ujar Wisnu, dalam keterangannya.

Uji coba aspal ini dilakukan di area seluas 60 m2 di Tenggara Silang Monas, di hamparan sepanjang 15 m x 4 m. Material yang digunakan yakni sandsheet dan geotextile.

Selanjutnya
Halaman
1 2