Anies Luncurkan JakPreneur, Sempurnakan Program OK OCE

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 19:07 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Foto: Arief/detikcom)


P1 sampai P7 adalah fase-fase yang digunakan oleh pelatihan OK OCE. P-1 adalah proses pendaftaran, sedangkan P7 adalah akses pendanaan.

Menurut Anies, saat program OK OCE semua wirausahawan akan dimulai dari fase pertama. Namun, di JakPreneur, ada penilaian dari pemerintah untuk menempatkan mereka di posisi mana.

"Dulu memulai semua dengan ada pelatihan, kemudian di ujung siap ke pasar. Sementara usaha kecil itu berbeda fasenya, ada fase sangat awal ada di fase tengah dibantu perizinan, pendanaan. Program ini, kita mengembangkan wirausaha potensial sesuai dengan fase masing-masing," kata Anies kepada wartawan usai acara.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Pemprov DKI, JakPreneur ini merupakan program penyempurnaan dari OK OCE. Awalnya Pemprov DKI mengadakan kegiatan Pencanangan 200.000 Wirausaha baru dan Wirausaha Naik Kelas melalui Program Kewirausahaan OK OCE pada 14 Desember 2017.

Program OK OCE kemudian lebih sering didengar dengan sebutan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 102 Tahun 2018.

Program itu kemudian disempurnakan. Pada 2020, Jakpreneur dikenalkan sebagai implementasi Peraturan Gubernur Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT), yang merupakan penyempurnaan program PKT.

Halaman

(aik/knv)