Digugat ke MK, Ini Pentingnya Nyalakan Lampu Motor di Siang Hari

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 16:34 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Dua orang mahasiswa UKI, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra menggugat aturan soal sepeda motor wajib menyalakan lampu di siang hari, ke Mahkamah Konstitusi (MK). Lalu, apa pentingnya sih menyalakan lampu motor pada siang hari?

"Gini, setiap manusia itu punya waktu reaksi. Waktu reaksi manusia normal itu satu detik dari dia menangkap ada kendaraan yang membahayakan, kemudian mata ngirim sinyal ke otak. Otak perintahkan kaki untuk injak rem itu satu detik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro, Sabtu (22/2/2020).

Sambodo mengatakan, waktu reaksi setiap orang berbeda-beda, sangat tergantung dengan kondisi si pengendara saat itu.

"Ketika orang itu ngantuk atau dia dalam keadaan mabuk itu waktu reaksinya bisa lebih lama lagi," ujar Condro.

Dengan dinyalakannya lampu motor pada siang hari, lanjutnya, akan meningkatkan waktu reaksi pengendara. Sehingga, pengendara akan lebih waspada ketika menangkap sinyal bahaya saat berkendara.

"Nah adanya lampu di siang hari, itu untuk meningkatkan waktu reaksi. Sehingga kemudian orang itu lebih alert 'oh akan ada bahaya di depan' dan sebagainya. Sehingga ketika dinyalakan lampu tidak hanya bagi dirinya, tapi juga bagi orang lain. Tapi juga bagi dirinya yang bisa melakukan antisipasi," papar Sambodo.

Lebih lanjut Sambodo menyebut, penyalaan lampu motor pada siang hari sangat membantu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

"Termasuk tidak hanya pengendara, tapi juga penyeberang. Karena kadang-kadang orang Indonesia ini senangnya pakai jaket kulit hitam. Udah motornya hitam jaketnya warna gelap, sehingga kemudian itu juga tdk terlihat. Tentu dengan adanya lampu ini sangat akan menolong," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2