Pimpinan MPR: dari Organisasi Motor Tumbuh Nilai Pancasila

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 16:09 WIB
MPR RI
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah, ingin jiwa Pancasila tertanam dalam diri seluruh masyarakat Indonesia. Lantaran itu, Badan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI gencar mengadakan sosialisasi dengan berbagai macam bentuk yang lebih fresh. Salah satunya dengan menggandeng organisasi motor besar Indonesia.

Basarah mengatakan ada nilai-nilai Pancasila dalam diri seorang bikers. Mulai dari jiwa kesetiakawanan sosial, keseimbangan, hingga jiwa gotong royong. Mulai dari kelompok-kelompok ini, lanjutnya, Pancasila bisa tertanam dalam relung hati masyarakat.

"Banyak yang tidak tahu, bahwa dari organisasi-organisasi motor, di dalam organisasi itu tumbuh nilai-nilai yang sarat dengan nilai-nilai Pancasila. Ada nilai kesetiakawanan sosial, keseimbangan, dan gotong royong. Itu semua adalah nilai-nilai Pancasila yang merupakan falsafah bangsa Indonesia," kata Basarah di Gedung Nusantara IV Komplek MPR-DPR RI, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Hal serupa diutarakan Agung, seorang bikers asal Bogor. Ia mengatakan bahwa sebagai seorang bikers, ia dan orang-orang yang ada di komunitasnya sudah menerapkan nilai-nilai yang ada di dalam 4 pilar.

"Selama ini kan kami cuma bisa mengimplementasikan saja, apa itu gotong royong, baksos ke mana-mana. Semoga MPR ini bisa terus mengadakan acara seperti ini karena sangat bermanfaat bagi pengetahuan dan sebagai ajang silaturahmi juga," ungkap Ketua Baikers HD Indonesia Bogor ini.

Ia juga berharap dengan adanya acara seperti ini akan merubah stigma negatif masyarakat tentang geng motor. "Selama ini kan geng motor identik dengan (hal yang) negatif gitu, tapi dengan acara ini semoga bisa membuka pikiran masyarakat bahwa kita juga punya kegiatan positif yang juga bisa diikuti oleh masyarakat," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa sosialisasi 4 pilar ini diharapkan dapat mendorong generasi milenial khususnya orang-orang yang tergabung dalam komunitas motor untuk lebih memahami filosofi Pancasila.

Melihat antusiasme para klub motor dalam acara ini, Bamsoet berujar sosialisasi 4 pilar ini juga akan terus berlanjut dengan komunitas-komunitas lain seperti komunitas mobil. "Kita lihat nanti, Mudah-mudahan sosialisasi 4 pilar ini menjadi sesuatu yang lebih menarik dan membumi," pungkasnya.

Simak juga video Komentari Salah Ketik Omnibus Law, MPR: Namanya Manusia:

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)