Pembersihan Limbah Radioaktif di Tangsel Diliburkan hingga Senin

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 12:00 WIB
Pembersihan limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel) diliburkan sementara. Pengerjaan tersebut akan dilanjutkan lagi pada Senin 24 Februari 2020.
Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Menurut Heru, usai pemnersihan limbah radioaktif, akan dilakukan proses remediasi. Hal tersebut bertujuan memulihkan kondisi di lingkungan sekitar.

"Nah setelah itu tentunya seperti yang saya sampaikan ada proses selanjutnya adalah remediasi. Jadi remediasi itu adalah mengembalikan lingkungan seperti sedia kala meskipun nanti mungkin ada semacam modifikasi atau yang lain-lainnya. Tetapi kita nanti akan melakukan secara total di lingkungan ini," ujar Heru.

Seperti diketahui, sudah 8 hari berlalu sejak pembersihan limbah radioaktif dilakukan di Perumahan Batan Indah, Tangsel.

Sebelumnya Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, mengatakan Bapeten melakukan uji fungsi unit MONA dengan memantai radioaktivitas lingkungan di area Jabodetabek kemudian menemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan Perumahan Batan Indah.

"Ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli Blok J," kata Indra dalam keterangannya, Jumat (14/2).

Indra menjelaskan tim uji fungsi langsung melakukan pengecekan ulang dan penyisiran ke lokasi. Bapeten juga melakukan koordinasi ke RT setempat untuk memasang safety perimeter.

"Tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal," kata Indra.

Halaman

(aan/aan)