Pembersihan Limbah Radioaktif di Tangsel Diliburkan hingga Senin

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 12:00 WIB
Pembersihan limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel) diliburkan sementara. Pengerjaan tersebut akan dilanjutkan lagi pada Senin 24 Februari 2020.
Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom
Tangerang Selatan -

Pembersihan limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel), diliburkan sementara. Pengerjaan tersebut akan dilanjutkan lagi pada Senin, 24 Februari 2020.

"Nah memang hari ini Sabtu dan Minggu, kami tidak ada kegiatan yang akan dilaksanakan. Kami akan meneruskannya hari Senin yang akan datang," kata Kepala Biro Humas dan Kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara, di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (22/2/2020).


Meskipun pembersihan limbah diliburkan, Heru menegaskan proses pengerjaan akan tetap memakan waktu 20 hari. Dia juga berharap proses ini dapat diselesaikan lebih cepat.

"Ini kan kita tetap mengacu pada 20 hari. Jadi mudah-mudahan bisa lebih cepat gitu. Jadi itu saja. Jadi kami tetap ingin mempercepat proses ini sebenarnya. Tapi berbagai kendala karena yang bekerja di sini kan tidak hanya Batan, tapi juga dibantu teman-teman yang lain. Saya kira itu. Jadi kami tetap mengacu kepada rencana awal," jelas Heru.

Heru kemudian mengatakan sudah ada 377 drum tanah di lokasi yang diangkut ke Pusat Teknologi Radioaktif. Menurutnya, paparan yang ada di lokasi sudah tersisa sedikit.



"Tetapi sampai dengan hari Jumat kemarin jumlah tanah yang sudah di bawa ke Pusat Teknologi Radioaktif berjumlah 377 drum. Alhamdulillah dari perkembangan paparannya sekarang tinggal sedikit lagi sehingga kami benar-benar harus meyakinkan bahwa seluruh apa namanya... paparan yang ada di sini itu sudah memenuhi regulasi yang ditentukan oleh Bapeten," ucap Heru.

Tonton juga video Bersihkan Limbah Radioaktif, 275 Drum Dikumpulkan Petugas:

Selanjutnya
Halaman
1 2