Begal Viral yang Nyaris Bacok Korban di Bekasi Ditangkap Polisi!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 19:24 WIB
Polisi tangkap komplotan curanmor
Polisi menangkap komplotan curanmor. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, aksi begal yang nyaris membacok korban di Bekasi Barat, Kota Bekasi, sempat viral di media sosial. Polisi kini telah menangkap para pelaku tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan ada dua dari tiga pelaku yang ditangkap oleh tim Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya. Kedua pelaku, yakni TA alias D dan YR alias I, ditangkap pada Kamis (20/2).

"Ada satu kejadian yang viral di media sosial, ada tiga orang pelaku yang kemudian melakukan begal kepada seseorang. Setelah itu mengambil kendaraan bermotornya, dompet, dan korban diancam dengan celurit," ujar Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Yusri menyebut aksi begal ini diotaki oleh tersangka TA. TA-lah yang merencanakan aksi hingga menyiapkan kendaraan dan celurit yang dipakai untuk beraksi.

"Dia yang merencanakan, kemudian menyediakan alat-alat, termasuk celurit. TA ini jugalah yang menyiapkan kendaraan motor yang sudah kita cek ternyata motornya pun motor curian," katanya.


Sedangkan tersangka YR alias I berperan sebagai joki yang membawa kabur motor hasil begal. Sedangkan tersangka V, yang berperan sebagai joki, masih diburu polisi.

Yusri mengatakan para pelaku ini mengincar korban pengendara motor yang melaju sendirian dan melintas di kawasan sepi di waktu tengah malam. Para pelaku mengaku baru sekali ini melakukan aksinya.

"Kalau kita lihat, teknisnya dia merencanakan dari awal. Tapi pengakuannya sampai sekarang baru satu kali. Padahal dia sudah merencanakan. Memang dia mencari tempat yang kosong yang ada orang di tengah malam berkendara sendiri," katanya.

Saat ini kedua pelaku ditahan di Polda Metro Jaya. Atas perbuatannya itu, para tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 9 tahun.

Tonton juga video Komplotan Begal di Sulsel Dibekuk!:

[Gambas:Video 20detik]

(fas/mei)