Sakit Tenggorokan Usai Pulang dari Malaysia, Pria di Sulsel Diisolasi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 18:26 WIB
satu keluarga terserang virus corona setelah makan hot pot dan bbq bareng
Ilustrasi virus corona (dok. Istimewa)
Bulukumba -

Laki-laki berinisial AA (55), warga Kecamatan Herlang, Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), diisolasi di RSUD Andi Sultan Daeng Raja lantaran diduga mengidap virus Corona. AA sebelumnya dirujuk dari Puskesmas Herlang.

"Hingga saat ini pasien AA masih di ruang isolasi dan terus dilakukan pemantauan," ujar Kasubag Publikasi Humas Pemda Bulukumba Andi Ayatullah Ahmad saat dihubungi, Jumat (21/2/2020).

Ahmad mengatakan pasien AA baru sekitar 6 hari ini pulang dari Malaysia. Dia mendatangi Puskesmas Herlang lantaran merasa sakit di tenggorokan. Karena dikhawatirkan mengidap Corona, sang pasien langsung dirujuk ke RSUD Bulukumba sekitar pukul 14.00 Wita.

"Jadi pasien itu dirujuk dari Puskesmas Herlang ke RSUD Bulukumba dengan terduga pengidap virus Corona. Makanya rumah sakit melakukan proses antisipasi, misalnya memakai alat perlindungan diri dalam menangani pasien," ujar Ahmad.

"Namun hasil laboratorium itu keluar, sementara pasien mengidap penyakit peradangan tenggorokan atau laringitis," sambung Ahmad.


Ahmad menjelaskan kecurigaan pihak puskesmas pasien mengidap Corona berdasarkan gejala korban yang mirip Corona.

"Karena dia kan peradangan tenggorokan, mirip-mirip kalau dia flu, mirip gejala Corona. Dan bisa jadi petugas puskesmas tidak mampu deteksi, makanya dibawa ke rumah sakit," katanya.

Ahmad menegaskan pihaknya saat ini masih terus melakukan pemantauan terhadap sang pasien di ruang isolasi.

(jbr/jbr)