Ada Anak Kecil Dibawa di Aksi 212, KPAI Merapat

Lisye Rahayu - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 17:21 WIB
Aksi 212 di Kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka Barat.
Foto: Massa Aksi 212 di Jl Medan Merdeka Barat (Lisye Sri Rahayu-detikcom)

Jasra Putra memastikan akan terus memantau anak-anak tersebut hingga aksi selesai. Ia ingin memastikan anak-anak ini pulang dalam keadaan selamat nantinya.

"Saya sendiri menyayangkan kejadian ini terulang kembali," tuturnya.

Yang lenbih disayangkan, anak-anak yang ikut serta dalam aksi tidak mengerti apa tujuan demo tersebut. "Mereka setelah saya tanya, tidak tahu juga tuntutan aksi," ucapnya.

Dalam pantauan detikcom di lokasi aksi, beberapa anak-anak memang terlihat ikut serta dalam aksi tersebut. Bahkan, pada saat dimulainya aksi pada pukul 13.50 WIB, seorang orator di atas mobil komando memanggil seorang anak yang berasal dari Tasikmalaya.

Anak itu dimintanya untuk membacakan surat Ar-Rahman. Sambil membacakan ayat suci tersebut, anak kecil itu digendong oleh kakaknya di atas mobil komando. Anak itu pun terdengar fasih melantunkan surat itu.

Usai pembacaan surat Ar-Rahman, anak kecil itu meneriakkan takbir. Namun kalimat takbir terdengar dengan lafal 'takbil' karena anak itu cadel. Setelah itu orator mengajak massa melantunkan doa Khatmil Quran bersama-sama.Aksi kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Halaman

(mei/fjp)