Menangkan None di Makassar, PAN Dekati Demokrat-PDIP untuk Koalisi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 15:21 WIB
Noval Dhwinuari Antony-detikcom/ Irman Yasin Limpo
Irman Yasin Limpo (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi mengusung bakal calon wali kota Makassar Irman Yasin Limpo (None) di Pilwalkot Makassar 2020. PAN mulai menjajaki komunikasi dengan Demokrat, Gerindra, PKS, dan PDIP.

"Ya (paling intens) dengan Demokrat, Gerindra, PKS, dengan PDIP juga," ujar Sekretaris Tim Desk Pilkada PAN Sulsel Irfan AB kepada detikcom, Jumat (21/2/2020).

Irfan mengungkapkan, saat ini pihaknya masih banyak Parpol di Makassar yang belum menentukan sikap di Pilwalkot Makassar. Untuk itu PAN yang memiliki modal 5 kursi di DPRD akan mendekati parpol tersebut untuk mengusung None.

"Tentu kita yang pertama harus mencukupkan dulu partai pengusung sampai memenuhi syarat, kemudian yang kedua tentu kita akan mencari figur-figur yang bisa mendampingi beliau sebagai calon wakil," katanya.

Sementara untuk wakil yang akan mendampingi None, PAN menyerahkan ke None untuk mencari calon wakil yang sesuai untuk memenangkan Makassar. Namun PAN tetap akan menyodorkan nama-nama kadernya ke None.

"Ya kita usulkan, tapi tergantung Pak None, apakah dengan hitung-hitungan bisa memenangkan pertarungan ini," imbuhnya.

Diketahui, 2 parpol yakni PAN dan NasDem sudah menentukan calon yang akan diusung di Pilwalkot Makassar. Di hari yang sama dengan PAN, NasDem mengusung Mantan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto).

Setiap koalisi parpol harus memiliki minimal 10 kursi di DPRD untuk mengusung pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota di Pilwalkot Makassar. Berikut komposisi kursi parpol di DPRD Makassar;

NasDem 6 kursi
Demokrat 6 kursi
PDIP 6 kursi

Golkar 5 kursi
Gerindra 5 kursi
PAN 5 kursi
PPP 5 kursi
PKS 5 kursi

Hanura 3 kursi
Perindo 2 kursi
Berkarya 1 kursi
PKB 1 kursi

Simak Juga Video "PDIP Masih 'Gantung' Nasib Gibran di Pilwalkot Solo"

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/dhn)