Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai, Lebaran Sudah Bisa Dilintasi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 14:50 WIB
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai (Chaidir Tanjung/detikcom)
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai (Chaidir Tanjung/detikcom)
Pekanbaru -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km. Diharapkan pada April 2020 pembangunan jalan tol pertama di Riau ini rampung.

"Kita harapkan nanti akhir April selesai, bisa pakai. Sehingga pada saat lebaran semuanya bisa lewat di sini. Kalau dulu mungkin 4-5 jam (Pekanbaru-Dumai). Kini jadi paling satu setengah jam," kata Jokowi, Jumat (21/2/2020).

Dia menjelaskan, panjang Tol Sumatera sekitar 2.900 km. Dari panjang tersebut yang telah beroperasi sekitar 460 km dan proses konstruksi 490 km. Tahun ini dilelang ada 740 km. Diharapkan, pada 2024 seluruh jalan tol tersambung.

"Meskipun saya cek internal rate of return masih pada angka 8-9 persen ya memang kalau nggak dimulai, kita nunggu apa IRR masih apa setinggi 12 atau ya nggak akan dimulai-mulai," kata Jokowi.



Dengan adanya infrastruktur jalan tol ini, kata Jokowi, semuanya akan menjadi cepat untuk mobilitas barang dan masyarakat.

"Sehingga daya saing kita juga makin baik. Itu nanti kelihatan dalam index competitiveness akan kelihatan di situ. Stok infrastruktur kita juga meningkat baik," kata Jokowi.

Simak Juga Video "Jokowi Resmikan Rehabilitasi Madrasah di Pekanbaru"

[Gambas:Video 20detik]



(cha/jbr)