Ada Aksi 212 di Depan Istana, Pengendara Diimbau Cari Jalan Alternatif

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 12:36 WIB
Aksi 212
Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta -

Massa gabungan dari Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF), hingga Persaudaraan Alumni 212 akan menggelar aksi di depan Istana Merdeka selepas salat Jumat siang ini. Polisi mengimbau pengendara menghindari kawasan sekitar lokasi aksi dan mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan.

"Untuk pengendara lalu lintas di Jakarta, kita mengimbau pada saat selesai Jumatan sebaiknya kalau memang tidak ada urusan yang terlalu penting untuk melewati daerah tersebut, bisa menggunakan lajur lain," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro kepada wartawan di RS Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

Masyarakat yang hendak menuju arah selatan dari barat bisa mengakses lewat tol atau ke Harmoni belok kiri ke Jl Ir H Juanda dan seterusnya. Sedangkan dai arah selatan bisa lewat ke Jl Abdul Muis dan seterusnya.

"Bisa lewat jalur tol untuk Tomang, kemudian juga untuk Harmoni bisa atau lewat jalur Kuningan. Sehingga kemudian bisa terhindar, terjebak dari kemacetan di sekitar istana dan sekitar bundaran Patung Kuda tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, peserta aksi diimbau melaksanakan aksi dengan tertib dan damai. Peserta aksi diimbau memberikan hak kepada pengguna jalan lain.

"Kemudian untuk para aksi massa yang akan melaksanakan unjuk rasa pada hari ini, memang unjuk rasa atau menyampaikan aspirasi itu dijamin oleh undang-undang. Tapi juga mari kita menghargai hak-hak orang lain karena ada hak orang lain di jalan yang harus kita hargai dan harus kita hormati juga," katanya.

"Sehingga kemudian unjuk rasa tetap dilakukan tapi kepentingan dan hak orang lain tidak kemudian dilanggar. Ikuti arahan dan saran dari petugas sehingga kemudian unjuk rasa bisa berjalan damai dan juga tidak terjadi kemacetan yang luar biasa, sehingga nanti kemudian menyebabkan kemacetan di tempat-tempat lain di Jakarta," sambungnya.

Sebelum menggelar aksi, massa akan berkumpul di Bundaran Patung Kuda. Massa akan berorasi di Taman Pandang, Jl Medan Merdeka Barat.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di lokasi. Polisi memprioritaskan bus TransJakarta agar tetap bisa melayani penumpang di sekitar lokasi aksi.

Simak Video "Jelang Aksi 212, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2