Usai Hujan Seharian, Anies Baswedan: Jakarta Terkendali

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 23:31 WIB
Anies Baswedan
Gubernur Jakarta Anies Baswedan (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Hujan telah seharian mengguyur sebagian kawasan Jakarta. Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan dampak dari curah hujan hari ini berhasil dikendalikan.

"Alhamdulillah, Jakarta hari ini relatif terkendali, tidak ada hujan lebat dan muka air laut surut sebelum air kiriman dari hulu tiba," tulis Anies lewat akun Instagramnya, Kamis (20/2/2020) malam.

Anies mengunggah foto saat dia meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Dia mengatakan tahapan mitigasi bencana akibat hujan sudah dilakukan jajaran Pemprov DKI.

"Hujan curahnya tidak bisa kita kendalikan, tetapi dampaknya bisa kita kendalikan. Sejak dini hari tadi peringatan dini telah disebarkan kepada warga di sekitar bantaran sungai yang dilewati," kata Anies.

Warga, kata Anies, telah tanggap terhadap potensi bencana banjir dan mengungsi ke posko-posko yang disiapkan. Anies mengapresiasi banyak pihak, yakni Dinas Sumber Daya Air, UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga, hingga BPBD DKI.

"Kini Pintu Air Manggarai juga telah dilengkapi ruang kendali terintegrasi, sehingga memudahkan jajaran memonitor dan mengendalikan air. Anda juga bisa turut memantaunya lewat JakPantau di aplikasi JAKI," kata Anies.

View this post on Instagram

Alhamdulillah, Jakarta hari ini relatif terkendali, tidak ada hujan lebat dan muka air laut surut sebelum air kiriman dari hulu tiba.⁣ ⁣ Hujan curahnya tidak bisa kita kendalikan, tetapi dampaknya bisa kita kendalikan. Sejak dini hari tadi peringatan dini telah disebarkan kepada warga di sekitar bantaran sungai yang dilewati. Proses mitigasi bencana berjalan dengan baik, warga tanggap dan mengungsi ke posko-posko yang disiapkan.⁣ ⁣ Apresiasi kepada seluruh teman-teman yang bertugas hari ini dari Dinas SDA, UPK Badan Air Dinas LH, Dinas Bina Marga, jajaran Wilayah, BPBD DKI, yang terus memantau dan bekerja intensif mengantisipasi dan mengendalikan aliran air kiriman.⁣ ⁣ Kini Pintu Air Manggarai juga telah dilengkapi ruang kendali terintegrasi, sehingga memudahkan jajaran memonitor dan mengendalikan air. Anda juga bisa turut memantaunya lewat JakPantau di aplikasi JAKI.⁣ ⁣ #OperasiSiagaIbukota⁣ #CepatResponJKT⁣ #JakPantau

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Feb 20, 2020 at 6:27am PST

(dnu/dnu)