TACB Nasional Tak Rekomendasikan Formula E di Monas

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 22:00 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Faird. Foto diambil saat ia belum menjadi Dirjen dalam sebuah acara di TIM, November 2014.
Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Nasional tidak merekomendasikan kegiatan Formula E digelar di Monas. Menurut Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid, salah satu pertimbangan TACB Nasional tak memberi rekomendasi Formula E adalah dampak terhadap tata ruang Monas.

Farid awalnya menjelaskan prosedur permintaan rekomendasi untuk menyelenggarakan suatu acara di salah satu cagar budaya. Dia mengatakan, untuk Monas, permintaan rekomendasi ditujukan ke TACB Nasional.

"Ada dua level. Satu levelnya asetnya dikuasai siapa. Kemudian peringkatnya ada di nasional atau di mana. Kalau Monas jelas, kawasannya di peringkat nasional," kata Hilmar di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

"Jadi hemat saya, Gubernur (DKI Jakarta) dalam hal ini berkonsultasi dengan Tim Ahli Cagar Budaya DKI. Karena (Monas) peringkatnya nasional, konsultasi Tim Ahli Cagar Budaya Nasional yang memberi nasihat kepada Mendikbud," imbuhnya.

Baru kemudian Hilmar mengungkapkan bahwa TACB Nasional telah memutuskan tidak memberi rekomendasi penyelenggaraan Formula E di Monas.

Selanjutnya
Halaman
1 2