Sempat Bikin Macet 4 KM, Truk Terperosok di Tol Tomang Sudah Dievakuasi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 19:38 WIB
Evakuasi Truk Terperosok di Tol Tomang Selesai, Lalin Kembali Normal
Foto: (dok.Jasa Marga)

"Penyebab kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan ini dikarenakan pengemudi kendaraan tangki atas nama Antoni (26) mengantuk sehingga kehilangan kendali dan oleng ke kiri, kemudian menabrak kendaraan colt diesel bermuatan hebel," tuturnya.

Kejadian ini sempat menimbulkan kemacetan di dalam ruas Tol Tomang. Selama proses evakuasi, petugas melakukan pengaturan lalu lintas.

Sementara itu, Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano menyebutkan, terdapat 124 kejadian kecelakaan akibat kelalaian pengemudi di ruas tol Jakarta-Tangerang sepanjang tahun 2019. Kecelakaan ini juga berdampak terhadap arus lalu lintas.

"Kecelakaan akibat kelalaian pengemudi ini mencapai 94% pada tahun 2019. Dan ini sangat membahayakan sekali baik bagi pengemudi tersebut maupun bagi pengguna jalan lainnya, serta merugikan. Merugikan bagi pengguna jalan lainnya karena berdampak pada kepadatan panjang," kata Reza.

Lebih lanjut, Reza mengimbau agar para pengusaha kendaraan logistik memastikan kendaraan dan pengemudi dalam keadaan prima serta laik jalan sebelum melakukan perjalanannya. Jasa Marga juga mengimbau agar pengemudi untuk beristirahat di rest area jika memang sudah lelah atau mengantuk.

Halaman

(mea/mea)