Nelayan di Buton Selatan Temukan Tulang Manusia Tanpa Kepala

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 19:12 WIB
Penemuan tulang manusia tanpa kepala di Buton Selatan. (Foto: Dok. Istimewa)
Penemuan tulang manusia tanpa kepala di Buton Selatan. (Foto: `Istimewa)
Buton Selatan -

Warga Desa Tongali digegerkan oleh penemuan tulang manusia tanpa kepala. Seorang nelayan menemukan tulang manusia itu dalam bungkusan plastik di tepi Pantai Sambalagi, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Awalnya itu ada seorang nelayan bernama Lariansi (40) melihat ada bungkusan plastik yang mencurigakan dia berusaha mendekati dan membukanya ternyata ada tulang," kata Kapolres Buton AKBP Ramos Paretongan Sinaga kepada detikcom, Kamis (20/2/2020).

Bungkusan plastik berisi tulang belulang itu ditemukan pada Rabu (19/2) kemarin sekitar pukul 16.00 Wita. Warga kemudian melaporkan penemuan itu ke Polsek setempat. Polisi bersama TNI dan warga kemudian langsung mengecek ke lokasi.

"Dibuka kembali dan memang isinya tulang manusia tapi tidak memiliki kepala. Langsung dibawa di Rumah Sakit Batauga tapi karena tidak bisa diidentifikasi kemudian dibawa di Rumah Sakit Palagimata Baubau," jelasnya.

Nelayan di Buton Selatan Temukan Tulang Manusia Tanpa KepalaPenemuan tulang manusia tanpa kepala di Buton Selatan. (Foto: Istimewa)

Belum diketahui identitas dan jenis kelamin dari tulang manusia tersebut. Polisi telah membawa tulang belulang itu ke dua rumah sakit di Buton Selatan untuk mengidentifikasi.

"Belum ditahu lamanya tulang itu, tapi kalau dari identifikasi pihak Palagimata ruas tulangnya seperti tulang orang dewasa," bebernya.

"Ada juga ditemukan baju dan celana dalam bungkusan plastik, tapi sudah hancur," sambung Ramos.

Rencananya, polisi akan kembali mengirimkan tulang tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sultra untuk diautopsi. "Rencananya hari ini dibawa di Rumah Sakit Bhayangkara," ujarnya.

(mae/mae)