Baznas DKI Akan Bedah 600 Rumah Kaum Duafa Sepanjang 2020

Lukman Arunanta - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 15:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Ketua Baznas DKI Ahmad Lutfi. (Foto: Lukman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Ketua Baznas DKI Ahmad Lutfi mengatakan program Bedah Rumah dilanjutkan tahun ini. Targetnya, Baznas DKI bisa melakukan bedah rumah terhadap 600 hunian milik kaum dhuafa.

"Alhamdulillah ini adalah program bedah rumah 2019 sudah selesai. Sekarang menyerahkan kuncinya atau tasyakurannya. Jumlah rumah yang kita bangun 2019 adalah 385 rumah, semuanya dhuafa," kata Ahmad dalam acara Tasyakuran Slametan Rume Baznas DKI Jakarta, di GOR UNJ Kampus B, Rawamangun, Jaktim, Kamis (20/2/2020).



Anggaran yang dikeluarkan untuk program tersebut, kata Ahmad senilai Rp 21 miliar. Rencananya, program bedah rumah akan melakukan perbaikan ke 600 rumah tahun ini di 10 kawasan.

"10 kawasan akan baru banget ya karena kawasan itu ada 20 rumah di satu kawasan yang kita bedah, termasuk jalanannya, WC komunal, listrik, dan sebagainya. Ini program kami yang 2020," ujarnya.

Ahmad mengatakan, program ini juga berkoordinasi dengan Wali kota atau Camat di DKI. Salah satu kriteria yang akan mendapat bantuan yakni warga yang kondisi ekonominya lemah dan sudah direkomendasikan.

"Yang paling banyak tahun ini adalah Jakarta Timur, 156 karena mereka ngumpulinnya paling banyak. Jadi yang ngumpulin banyak kita balikin lagi ke dia. semua kelurahan dapat 2 kalau Jakarta Timur," jelasnya.

Ahmad juga menerangkan soal sumber dana dalam program bedah rumah ini. Dia menurutkan, dana terkumpul dari zakat pegawai Pemprov DKI.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga hadir di acara tersebut menerangkan soal anggaran program Bedah Rumah. Dia menuturkan, mayoritas dana terkumpul dari infaq hingga zakat pegawai Pemprov DKI.

"Saya neruskan dikit, mayoritas didapat dari infaq, sodaqoh, zakat pegawai Pemprov DKI Jakarta. Karena itu tadi saya sampaikan kepada para mustahiq bahwa seusai nanti sampai ke rumah, pulang ke rumahnya masing-masing, doakan para pegawai Pemprov DKI Jakarta. Caranya membalas adalah dengan mendoakan karena mereka lah yang telah menyalurkan zakat, infaq, sodaqohnya lewat Baznas, Bazis DKI," kata Anies.

Anies mendukung program ini berlanjut. Dengan adanya program Bedah Rumah, kata Anies, setidaknya bisa meningkatkan kesejahteraan warga dari pengadaan hunian.

"Mudah-mudahan akan ikut membantu mempercepatkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi mereka yang memiliki kendala di dalam pengadaan papan yang aman. Saya mendukung sekali kegiatan ini," imbuh Anies.

(idn/gbr)