Usai Rakorsus soal Alutsista dan Sukhoi, Prabowo dan Mahfud Kompak Bungkam

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 15:26 WIB
Kementerian Pertahanan melakukan serah-terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu ke Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memilih diam usai mengikuti rapat koordinasi khusus (rakorsus) bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Rakorsus itu disebut membahas pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista), termasuk pembelian pesawat Sukhoi SU-35.

Dari pantauan, Kamis (20/2/2020), Prabowo tampak keluar dari kantor Kemenko Polhukam menuju mobilnya. Setelah di dalam mobil, Prabowo baru membuka kaca dan melambaikan tangan tanpa memberikan keterangan sama sekali.

Lantas, muncul Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Namun Andika juga tidak memberikan penjelasan apa pun.

"Ke Pak Menko ya," kata Andika.

Selain Andika, jajaran TNI lain yang turut hadir diketahui adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianti. Setelah itu, pada pukul 13.00 WIB, Mahfud tampak keluar dari ruangannya tetapi tanpa memberi penjelasan mengenai pertemuan tersebut.

Agenda rakorsus sebelumnya diketahui dari informasi yang dibagikan Humas Kemenko Polhukam. Dalam agenda itu, disebutkan Mahfud selaku Menko Polhukam memimpin Rakorsus Tingkat Menteri membahas Perkembangan Pengadaan Alutsista TNI tahun 2020-2024 dan Pengadaan Pesawat Sukhoi SU-35.

(dhn/dhn)