Belum Umumkan Cawalkot Medan, PDIP Dinilai Ingin Hindari Gejolak Internal

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 12:44 WIB
PDIP akan menggelar Rakornas untuk menyambut HUT ke-46 pada Kamis (10/1/2019) mendatang. Ratusan bendera PDIP merahkan jalanan Jakarta.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Medan -

PDIP sudah mengumumkan sejumlah nama pasangan calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi untuk diusung dalam Pilkada 2020. Namun, PDIP belum mengumumkan siapa calon wali kota dan wakil wali kota Medan. Mengapa?

Dekan FISIP Universitas Sumatera Utara, Muryanto Amin, menilai PDIP sengaja menunda pengumuman cawalkot Medan. Salah satunya untuk menghindari efek negatif ataupun gejolak di lingkup internal partai.

"Di dalam internal partai itu masih harus memikirkan efek-efek negatif dari (pengumuman) itu," kata Muryanto, Kamis (20/2/2020).

Muryanto menjelaskan sejumlah efek negatif yang menurutnya menjadi pertimbangan PDIP. Pertama, soal potensi kekalahan jika mengusung paslon tertentu di Medan.

"Medan punya 10 kursi kalau mereka mencalonkan potensi tidak menang kan sulit bagi mereka di 2024," ucap Muryanto.

Efek negatif yang dimaksud Muryanto ini juga terkait sosok yang bakal dicalonkan. Diketahui, menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, telah mendaftar sebagai bakal cawalkot Medan ke PDIP.

PDIP Klaim Elektabilitas Gibran Naik, Masyarakat Antusias:

Selanjutnya
Halaman
1 2