Gerindra: Pengusul RUU Ketahanan Keluarga Tak Perlu Konsultasi ke Fraksi

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 12:17 WIB
Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad
Dasco Ahmad (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid merupakan salah seorang pengusul RUU Ketahanan Keluarga. Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut Sodik tidak perlu mengonsultasikan keikutsertaannya sebagai pengusul RUU tersebut ke fraksi.

"Jadi kalau usulan perseorangan bisa saja diusulkan sendiri dan itu karena hak anggota DPR menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Dalam hal ini legislasi, maka tidak perlu dikonsultasikan," kata Dasco di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Selain Sodik, anggota Baleg dari Fraksi Golkar, Endang Maria Astuti, juga menjadi pengusul RUU Ketahanan Keluarga. Tapi kemudian Fraksi Golkar mencabut dukungan terhadap RUU tersebut.

Fraksi Gerindra, sebut Dasco, tidak dalam hal mendukung sikap Sodik atau tidak. Menurut Dasco, nantinya akan terlihat di internal Baleg apakah RUU tersebut akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak.

"Ya, ini kan tidak ada dukung-mendukung, karena ini usulan perseorangan. Nanti dalam pembahasan justru akan dilihat mana yang mendukung atau tidak, itu kan ada mekanismenya sendiri," ucap Dasco.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2