Ini Alasan Formula E Harus di Monas yang Kini Disoal Megawati

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 12:02 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Desain sirkuit Formula E. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri ikut mempertanyakan alasan Formula E digelar di Monas. Tim Formula E hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan alasan lomba balap mobil itu digelar di kawasan cagar budaya tersebut.

Mulanya, komentar Megawati soal Formula E ini disampaikan di kantor PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020). Megawati mempertanyakan mengapa lomba balap mobil ini tak digelar di tempat lain.

"Nah, Gubernur DKI ini tahu apa tidak, kenapa sih kalau mau bikin Formula E itu, kenapa sih harus di situ (di Monas)? Kenapa sih nggak di tempat lain? Kan begitu, peraturan itu ya peraturan, kalian juga mesti tahu jangan sampai melanggar peraturan," ujar Megawati.

Megawati mengatakan Monas merupakan cagar budaya sehingga pada ruang lingkup Monas tidak boleh dipergunakan untuk kegiatan apa pun.

"Monas itu di dalam keputusan peraturan itu adalah cagar budaya, garis bawahi, tapi jangan pula saya dibentur-benturkan (dengan) Pak Anies, bahwa Monas itu adalah sudah pasti peraturannya merupakan cagar budaya, artinya tidak boleh dipergunakan untuk apa pun juga, rumah saya itu masuk dalam cagar budaya DKI, saya kalau mau betulin (renovasi), mesti izin, karena ada hal-hal yang tidak ada dalam arsitektur rumah yang lain," kata Megawati.

Kemudian, Megawati bercerita soal perjuangan mendiang ayahnya, Sukarno, kala membangun Monas. Ia menyebut Monas kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, diketahui bahwa Komisi Pengarah memang tidak mengizinkan pergelaran di dalam kawasan Monas. Namun Jalan Medan Merdeka masih diperbolehkan. Selain itu, sempat muncul polemik soal klaim rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dalam surat Anies ke Sekretariat Negara.

Ada beberapa alasan pemilihan Monas menjadi lokasi perhelatan Formula E. Berikut ini alasan-alasan yang disampaikan Jakpro hingga Anies:

Mega soal Formula E: Kenapa Nggak di Tempat Lain?:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3