Komisi VII Rapat Bareng Batan-Bapeten Bahas Radioaktif di Batan Indah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 11:06 WIB
Komisi VII DPR rapat dengan Batan dan Bapeten (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Komisi VII DPR menggelar rapat dengan Batan dan Bapeten. (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta -

Komisi VII DPR RI menggelar rapat dengar pendapat bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Rapat membahas temuan adanya sisa limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah.

Rapat digelar di ruang rapat Komisi VII, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto serta dihadiri Kepala Bapeten Jazi Eko Istiyanto dan Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan.

"Pada hari ini Komisi VII DPR RI akan melaksanakan rapat dengar pendapat atau RDP dengan Kepala Batan dan Kepala Bapeten dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan. Dengan agenda, satu penjelasan temuan paparan radiasi di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selaran," kata Sugeng.

Selain meminta penjelasan Bapeten dan Batan soal temuan sisa limbah radioaktif di Batan Indah, Komisi VII ingin mengetahui sistem pengawasan sisa limbah radioaktif.

"Dua, sistem pengawasan dan pengendalian limbah radioaktif, ketiganya lain-lain," ujar Sugeng.

Rapat dinyatakan telah kuorum dan terbuka untuk umum. Saat ini rapat telah berjalan dengan penjelasan dari Kepala Bapeten Jazi Eko Istiyanto.

Sebelumnya, asal usul limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, belum terungkap. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) mengaku ingin tahu siapa yang dengan sengaja membuang limbah tersebut.

"Serius banget, saya pengin tahu. Tapi kan mintanya ke polisi. 'Pak polisi minta supaya ini,' ini tuh bukan kesalahan Batan, tapi orang luar ngerta-nya (mengiranya) ini punya Batan," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (18/2).

(rfs/gbr)