AHY Kandidat Terkuat Ketum Demokrat, Bisakah Selevel SBY?

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 19:45 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Foto: AHY bersama ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono (Dok Instagram @aniyudhoyono)
Jakarta -

Jelang Kongres Partai Demokrat yang rencananya digelar Mei 2020 mendatang, kabar Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersiap-siap turun dari jabatannya mulai santer dibicarakan.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi kandidat terkuat menerima warisan takhta itu. Belakangan muncul juga wacana menjadikan AHY dan adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai dwitunggal menggantikan figur sentral SBY di partai.

Lalu apakah AHY atau Ibas sudah cukup punya kemampuan memimpin partai yang punya 54 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu? Sepak terjang AHY di pentas politik dimulai dari mengiyakan tawaran jadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Demi pertarungan dengan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu, AHY menyatakan mundur dari dinas militer dengan pangkat terakhir mayor. Sejak itu namanya menyita perhatian panggung politik negeri ini.

Sementara Ibas lebih dulu masuk dunia politik. Pada 2009 dia terpilih sebagai anggota DPR. Saat itu,dia juga mengetuai Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat.

Dalam kongres 2010, alumnus Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura terpilih jadi Sekretaris Jenderal. Saat ini, Ibas memegang jabatan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5