Hasto: Calon di Pilwalkot Solo Sudah Siap, Diumumkan Bareng Bali-Makassar

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 18:06 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Isal/detikcom)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) belum mengumumkan calon kepala daerah yang akan diusung untuk Solo, Makassar, dan Bali dalam Pilkada 2020. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan calon di tiga daerah itu akan diumumkan berbarengan.

"Solo sebenarnya sudah siap (calon) tapi karena akan diumumkan bersama-sama dengan Bali, di mana masyarakat Bali hari ini merayakan Galungan, maka nanti akan bersama-sama dengan Makassar," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Hasto menyebut ketiga daerah itu merupakan basis utama PDIP. PDIP telah berkomunikasi dengan kader-kader daerah terkait nama calon kepala daerah yang akan direkomendasikan.

"Karena bagaimanapun, Kota Solo merupakan basis utama, demikian juga Bali. Maka nanti akan diumumkan bersama-sama dan kami sudah mengkomunikasikan kepada seluruh kader partai daerah di Kota Solo dan Bali. Secara khusus momentumnya kami ingin umumkan (Solo) bersama dengan Bali dan Kota Makassar," tuturnya.

Namun Hasto tidak menyebut kapan calon kepala daerah dari ketiga daerah itu akan diumumkan.

Sebelumnya, PDIP mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah pada Pilkada 2020. Namun, Solo, yang merupakan tempat putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akan maju, tak termasuk. Calon kepala daerah Medan dan Makassar juga tidak disebut.

Dari nama-nama yang dibacakan, terdapat sejumlah petahana, salah satunya Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey-Steven Kandouw, yang diusung kembali oleh PDIP.

Gibran atau Purnomo di Pilwalkot Solo? PDIP: Tunggu Akhir Maret:

[Gambas:Video 20detik]

(isa/idh)