Ma'ruf Amin Beberkan 5 Kelompok dalam Skema Penanganan Radikalisme

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 14:25 WIB
Maruf Amin di Universitas Mataram
Ma'ruf Amin di Universitas Mataram (Dwi Andayani/detikcom)
Mataram -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan kuliah umum di Universitas Mataram, Lombok. Ma'ruf membeberkan lima kelompok dalam skema penanganan radikalisme dan terorisme.

"Tujuan saya menyampaikan framework ini adalah agar kita memahami tahapan perubahan seseorang," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di kuliah umum dengan tema 'Pencegahan Paham Radikal-Terorisme di Kalangan Mahasiswa' di Universitas Mataram, Jl Majapahit No 62, Lombok, Rabu (19/2/2020).

Ma'ruf mengatakan seseorang yang sebelumnya tidak memiliki pikiran radikal dapat menjadi pelaku terorisme. Hal ini dikarenakan adanya proses radikalisasi.

"Seseorang yang tadinya tidak memiliki pikiran radikal perlahan-lahan dicuci otaknya melalui proses radikalisasi sehingga dapat menjadi pelaku terorisme," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan penanganan radikalisme dan terorisme dibagi dalam lima kelompok. Kelompok pertama merupakan orang yang tidak memiliki paham radikal tapi terekspos oleh narasi radikal.

"Kelompok pertama adalah kelompok indifference atau kelompok yang tidak memiliki pikiran atau paham radikal, terorisme, tetapi mungkin terekspos pada narasi-narasi radikal, terorisme," ujar Ma'ruf.

Selanjutnya
Halaman
1 2