Koalisi Perubahan Adil Makmur Tak Ingin Pilkada Serang Calon Tunggal

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 11:26 WIB
Bahtiar Rivai-detikcom/  Koalisi Perubahan untuk Kabupaten Serang Adil dan Makmur oleh PKS, PAN, Partai Berkarya dan Hanura
Koalisi Perubahan untuk Kabupaten Serang Adil dan Makmur oleh PKS, PAN, Partai Berkarya, dan Hanura. (Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang -

Kesepakatan dibangunnya Koalisi Perubahan untuk Kabupaten Serang Adil dan Makmur oleh PKS, PAN, Partai Berkarya, dan Hanura bertujuan menghindari calon tunggal pada Pilkada 2020.

"Memang ini desakan masyarakat di bawah, kemudian di DPD kami, bahwa agak kurang sehat kalau cuma ada satu orang calon saja. Kami berharap ada pesaing, makanya kami beri kesempatan ini," kata Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian kepada wartawan di Serang, Rabu (19/2/2020).

Koalisi empat partai ini sudah cukup untuk mendaftarkan pasangan calon ke KPU. Di DPRD, PKS memiliki 5 kursi, PAN 4 kursi, Berkarya 4 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta mengatakan koalisi ini menilai perlunya pemimpin baru di Kabupaten Serang. Selama ini ada anggapan calon potensial kesulitan mencari perahu partai di Serang.

"Banyak yang siap, sanggup, dan bisa dekat dengan rakyat. Kasihan yang ingin maju perahunya nggak ada," imbuhnya.

Koalisi Perubahan untuk Kabupaten Serang Adil dan Makmur disepakati di Sari Kuring Baros, Kabupaten Serang, pada Selasa (18/2) malam.

Pertemuan yang baru pertama kali ini menyepakati keempat partai untuk membangun koalisi. Namun sejauh ini koalisi belum menentukan nama calon karena masing-masing partai masih melakukan penjaringan.

(bri/fdn)