Tim Gabungan Tembak Mati 1 Orang Anggota KKSB di Intan Jaya Papua

Saiman - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 09:39 WIB
Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto
Foto: Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto. (Wilpret-detikcom)
Jayapura -

Baku tembak antara Tim Pasukan Gabungan TNI/Polri dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) terjadi di sekitar Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek, Kab. Intan Jaya, Papua. Satu orang anggota KKSB tewas.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (18/02/2020) kemarin. Kontak tembak yang terjadi sekitar pukul 07.20 berlangsung pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan Patroli Keamanan melihat Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata di sekitar Kampung Gulanggama Komplek dengan membawa 2 pucuk senjata.

"Pada saat pengejaran terjadi kontak tembak dan kelompok KSB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Eko Daryanto dalam keterangan tertulis, Rabu (19/2/2020) hari ini.

Beberapa saat setelah kontak tembak, lanjut Eko, tim Gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak dan menemukan beberapa barang bukti antara lain 1 (satu) orang mayat laki-laki (18 tahun) an. Meki Tipagau, suku Moni yang berhasil dilumpuhkan saat kontak tembak karena membawa 1 pucuk senjata.

"Keterangan yang diperoleh dari kepala suku, yang bersangkutan bergabung dengan OPM/KSB. Saat kena tembak, 1 pucuk senjata sempat dibawa lari oleh KSB lainnya," kata Eko.

Tonton juga Pertama Kalinya! Freeport Dipimpin Putra Papua :

Selanjutnya
Halaman
1 2