Jabodetabek Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir Hari Ini

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 04:07 WIB
Hujan guyur kawasan Jalan Kapten Tendean, Jaksel.
Ilustrasi hujan guyur kawasan Jaksel. (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Jabodetabek berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang hari ini. Cuaca di Jabodetabek itu disebut akibat terjadinya siklonik di Samudera Hindia Selatan dan Teluk Carpentaria.

Dalam keterangan BMKG, Rabu (19/2/2020), siklonik terjadi pada hari ini hingga Kamis (20/2) besok. Berikut wilayah akan berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, kemudian Sumatera Selatan.



Wilayah lainnya antara lain Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua.

Ada pula wilayah akan terjadi hujan lebat di antaranya Riau, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, jika dilihat dari situs BMKG, prakiraan cuaca untuk wilayah lima wilayah Jakarta akan diguyur hujan lokal pada pagi hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Lalu untuk Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hanya berawan.



Pada siang hari, akan berawan untuk kawasan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Hujan ringan akan terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Tiga wilayah antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan berawan di malam hari. Lalu di Jakarta Barat dan Jakarta Utara diperkirakan akan terjadi hujan lokal.

BMKG memperkirakan pada dini harinya, kelima wilayah Jakarta itu akan terjadi hujan disertai petir.

(fai/idn)