Jadi Tersangka, Pemukul Kucing hingga Mati di Bekasi Tak Ditahan

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 22:28 WIB
Polisi tangkap pria yang pukuli kucing hingga mati di Bekasi
Polisi menangkap pria (tengah) yang memukuli kucing hingga mati di Bekasi. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Polisi telah menetapkan RH sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan kucing hingga mati di Bekasi. Namun RH tidak ditahan polisi, mengingat ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara.

'Tidak bisa kami tahan, karena ancaman hukumannya 9 bulan penjara, tipiring (tindak pidana ringan)," kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Arman kepada wartawan di Polres Metro Bekasi Kota, Jl Pramuka, Bekasi, Selasa (18/2/2020).

Arman mengatakan RH telah ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan tindak pidana Pasal 302 KUHP. "Ancaman hukumannya 9 bulan," imbuhnya.

Pasal 302 KUHP berbunyi: "Jika perbuatan itu mengakibatkan sakit lebih dari seminggu, atau cacat atau menderita luka-luka berat lainnya, atau mati, yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan, atau pidana denda paling banyak tiga ratus rupiah, karena penganiayaan hewan."

Polisi masih memeriksa pelaku secara intensif di Polres Metro Bekasi Kota. Polisi masih mendalami motif pelaku menganiaya kucing berumur 4 bulan itu hingga mati.

Kasus ini sebelumnya dilaporkan oleh Animal Defender ke Polres Metro Bekasi Kota. Pendiri Animal Defender, Doni Herdaru, meminta polisi mengusut tuntas pelaku.

"Buat kami, hal ini harus tetap ditegakkan hukumnya agar menjadi pembelajaran bersama mengenai hak hidup hewan," ujar Doni lewat pesan singkat kepada detikcom, Selasa (18/2/2020).


Selanjutnya
Halaman
1 2