Round-Up

Ramai-ramai Tanya dari Mana Sumber Dana Pensiun ASN Rp 1 M

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 21:01 WIB
Ribuan PNS DKI Jakarta ikuti upacara HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi. Sebanyak 75 bus disiapkan untuk mengangkut para pegawai tersebut.
Ilustrasi ASN (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Usulan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo agar aparatur sipil negara (ASN) mendapatkan dana pensiun sebesar RP 1 miliar mengemuka. Sejumlah pihak ramai-ramai pun bertanya mengenai sumber dana pensiun untuk para abdi negara tersebut.

Gagasan mengenai dana pensiun Rp 1 miliar itu disampaikan Tjahjo di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Tjahjo mengatakan usulan itu masih dibahas dengan Menkeu Sri Mulyani.

"Kemarin kami sudah berkomunikasi dengan Ibu Menteri Keuangan soal bagaimana meningkatkan pensiun pegawai. Kita kemarin juga sudah mengundang BTN. BTN clear bisa menggaji dan kami juga sudah meminta begitu ASN pensiun minimal dapat Rp 1 miliar. Bisa dihitung dengan baik," kata Tjahjo.

Selain dana pensiun, Tjahjo juga membahas mengenai tunjangan kinerja ASN. Tjahjo ingin melakukan pemerataan tunjangan kinerja ASN di setiap daerah.

"Tunjangan kinerja memang ada gaji 13 dan 14. Ibu Menkeu juga sudah setuju ada tunjangan kinerja. Sekarang masing-masing kementerian sedang dicek mengenai reformasi birokrasinya dengan baik, akutanbilitasnya dengan baik," ujar Tjahjo.

"Ini sedang disesuaikan. Kalau semua bisa di atas 80 persen, kan lumayan karena ada daerah yang Rp 500 ribu kenaikannya, ada yang Rp 5 juta kenaikannya. Saya kira ini penataan dalam konteks reformasi birokrasi," sambung dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4