Warga Duga Limbah Radioaktif Sudah Lama Kotori Kawasan Batan Indah

ADVERTISEMENT

Warga Duga Limbah Radioaktif Sudah Lama Kotori Kawasan Batan Indah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:25 WIB
Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro menjelaskan penyebab munculnya limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Bambang memastikan kemunculan limbah radioaktif itu bukan karena ada kebocoran di pusat penelitian ilmu pengetahuan teknologi (Puspiptek).

"Pertama yang kami tegaskan adalah bahwa kontaminasi bahan radioaktif ini tidak terjadi sebagai akibat dari fasilitas reaktor nuklir yang memang ada di kompleks Puspiptek Serpong, ya jadi ini sangat jelas bahwa penanganan kompleks berjalan dengan sangat baik. Kebocoran yang kemudian berimbas pada wilayah lain, apalagi wilayah ini cukup jauh dari kompleks reaktor, " ujar Bambang di Kantor BPPT II Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Bapeten juga pernah mengatakan bahwa limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah bukan karena ada kebocoran fasilitas nuklir. Bapeten menyebut jika ada aktifitas kebocoran itu pasti dampaknya besar dan tidak seperti ini.

"Saya sampaikan, sampai hari ini status seluruh fasilitas kondisinya normal, tidak apa-apa," kata Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Abdul Qohhar di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Minggu (16/2).

Abdul menjelaskan banyak yang menghubungkan adanya kebocoran fasilitas nuklir di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Serpong. Dia menjelaskan, bila terjadi kecelakaan atau kebocoran nuklir, akan memunculkan banyak jenis unsur. Sedangkan dalam kasus Perumahan Batan Indah, katanya, hanya ada satu jenis unsur, yakni Cs 137.


(zap/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT