Warga Duga Limbah Radioaktif Sudah Lama Kotori Kawasan Batan Indah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:25 WIB
Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Seorang warga bernama Kusno (64) menduga limbah radioaktif sudah lama berada di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Kusno menduga limbah itu bahkan sudah menumpuk 10 tahun lamanya.

"Kalau melihat itu sudah lama (limbah radioaktif) kalau melihat sekitarnya, kemungkinan bisa (10 tahun)," ujar Kusno saat ditemui di lokasi, Selasa (18/2/2020).

Kusno yang merupakan pensiunan Badan Tenaga Nuklir (Batan) ini juga menjelaskan bahwa limbah radioaktif tidak menyebar kemana-mana, tetapi sifatnya hanya mengotori saja. Menurutnya, limbah itu juga bisa mengkontaminasi sekitar tetapi setelah itu melebur dan hilang begitu saja.

"Bukan menyebar sumbernya, tapi mengotori sekitarnya. Iya mengkontaminasi sekitarnya. Tetapi kecil, semakin jaraknya jauh, lama-lama menghilang. Radiasi itu lama-lama hilang, lama-lama meluruh. Kalau sudah menyebar, lama-lama meluruh," jelasnya.

Warga Duga Limbah Radioaktif Sudah Lama Kotori Kawasan Batan IndahFoto: Warga Perumahan Batan, Kusno (Sachril-detikcom)

Kusno mengatakan untuk zat Cesium itu perlu waktu agar melebur. Cesium akan melebur saat sudah 30 tahun. "Kalau cesium itu kan hilangnya 30 tahun," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2