Kunjungi Papua, Kapolri dan Panglima TNI Cek Satgas Nemangkawi-PON XX

Saiman - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 18:39 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (dok. Puspen TNI)
Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Dok. Puspen TNI)
Timika -

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi Timika, Papua. Keduanya akan mengecek kesiapan operasi Satgas Nemangkawi hingga PON XX.

"Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke Papua dan Mimika terkait tiga hal diantaranya melihat pelepasan jenazah korban heli MI-17. Kedua, akan melihat kesiapan operasi Nemangkawi di Papua. Dan selanjutnya direncanakan akan mengunjungi Kogabwilhan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono saat ditemui wartawan di Rimba Papua Hotel, Selasa (18/2/2020).

Prosesi pelepasan jenazah prajurit korban jatuhnya helikopter MI-17 dilakukan pagi tadi di Hanggar Base Ops Lanud Silas Papare, Kabupaten Jayapura, Papua.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Saiman/detikcom)

Sementara itu, pengecekan terhadap Satgas Nemangkawi di Papua dilakukan karena masa tugas diperpanjang beberapa bulan ke depan. Perpanjangan masa tugas diberikan guna memberi rasa keamanan kepada masyarakat, khususnya menyambut hajat nasional, yaitu PON XX 2020.

Argo menambahkan, operasi Satgas Nemangkawi terdiri atas tim gabungan TNI-Polri yang dibentuk berkaitan dengan penegakan hukum di Papua.

"Ini operasi yang ketiga, berkaitan dengan penegakan hukum preventif. Kalau ada yang melanggar pidana itu, kita akan proses. Selain itu, ada penindakan represif kepada masyarakat lewat program Binmas Noken," imbuhnya.

(jbr/jbr)