Diobservasi, 43 dari 84 Warga Sumut yang Pernah ke China Negatif Corona

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 18:29 WIB
Foto untuk Picture Story
Ilustrasi Observasi
Medan -

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan 43 dari 84 orang yang pernah ke China sudah selesai diobservasi. Hasilnya, ke-43 orang itu dinyatakan negatif virus Corona.

"Data terakhir, jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 84. Yang sudah selesai pemantauan, sejumlah 43 orang," ujar Alwi, Selasa (18/2/2020).

Alwi tak menjelaskan detail kapan orang-orang lainnya bakal selesai diobservasi. Dia menyebut mereka yang diobservasi datang ke Sumut dalam waktu berbeda.

"Ini adalah akumulasi ODP dari tanggal 1 Februari," ujarnya.

Sebelumnya, Alwi menyebut ada 83 orang di Sumut yang diobservasi karena punya riwayat perjalanan ke China. Observasi dilakukan untuk mengantisipasi virus Corona masuk ke Sumut.

"Sudah 83 orang. Mereka ini orang yang sehat, bukan terjangkit virus. Tapi mereka harus dikarantina dulu supaya melihat kondisi mereka beberapa saat setelah sampai di sini," ujar Alwi, Rabu (12/2).

Kadis Kesehatan Karo, Irna Safrina S Meliala, sebelumnya juga mengatakan lima TKA asal China yang diobservasi di Karo dalam keadaan sehat. Mereka sudah selesai menjalani observasi selama 14 hari.

(haf/idh)