Jalan Poros Mamasa-Toraja Lumpuh Akibat Longsor

Abdy Febriady - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 17:15 WIB
Tanah longsor kembali melumpuhkan akses jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan (Abdy Febriady/detikcom)
Foto: Tanah longsor kembali melumpuhkan akses jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan (Abdy Febriady/detikcom)
Mamasa -

Tanah longsor kembali melumpuhkan akses jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan. Longsor terjadi pada tiga titik.

Titik longsor yang paling parah berada di Dusun Sadabossa, Desa Kariango, Kecamatan Tawalian, berbatasan dengan Desa Lambanan, Kecamatan Mamasa. Tebing setinggi 10 meter yang berada di sisi jalan, longsor pada Selasa dini hari (18/2/2020) akibat tingginya curah hujan yang melanda daerah ini sejak sepekan.

Sejumlah pengendara baik roda dua maupun roda empat, yang ingin melanjutkan perjalanan, terpaksa antre dan bekerja keras melewati material longsor yang terdiri dari tanah berlumpur.

Tidak sedikit kendaraan yang terpaksa ditarik oleh warga lantaran terjebak di tengah gundukan tanah berlumpur. Warga berharap pemerintah segera melakukan upaya agar material tanah longsor yang melumpuhkan akses jalan dapat dibersihkan.



"Di sini curah hujannya tinggi, kami berharap ada perhatian dari pemerintah, kabupaten, provinsi maupun pusat, agar jalur wisata yang menghubungkan Mamuju sampai Toraja, ini bisa mendapat perhatian," ujar salah seorang warga, Sultan, kepada wartawan.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mamasa, Daud Tandi Arruan mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak Balai Jalan Provinsi Sulawesi Barat, terkait penanganan longsor yang menutup jalan.

"Jalan yang tertutup longsor berstatus jalan nasional, sementara alat berat milik dinas PUPR Kabupaten Mamasa, sedang berada di Kecamatan Nosu dan Pana melalukan pembersihan jalan," ujar Daud melalui sambungan telepon.

Tonton juga video Longsor Terjadi di Tepi Tol Cipularang Km 118:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)