Cegah Karhutla di Aceh, Polisi Cari Penyebab Warga Bakar Hutan

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 15:12 WIB
Pemadaman karhutla di Pelalawan Riau
Foto ilustrasi karhutla, tidak terkait berita: Haidir-detikcom
Banda Aceh -

Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada mengaku akan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Tanah Rencong dengan mencari penyebabnya. Pencegahan Karhutla bakal dilakukan dari akarnya.

"Kalau menegakkan hukum tetap kita lakukan tetapi pada dasarnya itu tidak akan menyelesaikan masalah. Kita selesaikan dari akar masalahnya kenapa masyarakat membakar. Kalau orang sudah tidak membakar kan tidak terjadi kebakaran," kata Wahyu di Mapolda Aceh, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, Karhutla yang terjadi seperti di Riau banyak menimbulkan kerugian. Asap Karhutla yang dihirup masyarakat dapat membahayakan kesehatan terutama bagi anak-anak.

Polisi, sebutnya, akan mencegah dan memetakan daerah yang berpotensi terjadinya Karhutla. Polisi juga akan bekerjasama dengan pihak perusahaan untuk mensosialisasikan ke masyarakat agar tidak membakar lahan.

"Kita cari penyebabnya apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Kalau kepala BNPB sudah menyatakan yang terjadi karena dibakar, nah itu yang kita cari kenapa dibakar," sebut Wahyu.

Simak Video "Jokowi Siap Copot Aparat Gagal Atasi Karhutla, Polri: Sesuai Instruksi"

[Gambas:Video 20detik]

(agse/zap)