MenPAN-RB Usul Dana Pensiun ASN Rp 1 M, Komisi II: Uang dari Mana?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 11:25 WIB
Yaqut Cholil Qumas
Yaqut Cholil (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisi II DPR mempertanyakan usulan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo soal dana pensiun ASN Rp 1 miliar. Asal dana pensiun tersebut pun dipertanyakan.

"Pertanyaan saya, uangnya diambil dari mana?" kata Wakil Ketua Komisi II Yaqut Cholil Qoumas kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Yaqut mengatakan pihaknya akan bertanya kepada Tjahjo soal usulan tersebut. Ia khawatir usulan itu akan menimbulkan masalah baru di kalangan ASN.

"Nanti kita akan tanyakan dulu ke MenPAN-RB, dari mana sumber keuangannya. Terlepas dari itu, dengan dana pensiun Rp 1 M, apa nggak khawatir PNS pada minta pensiun tuh?" ujar Yaqut.

Menurut Yaqut, besarnya uang pensiun harus dibarengi peningkatan kinerja para abdi negara. Politikus PKB itu menegaskan tugas ASN adalah melayani masyarakat.

"Kalau memungkinkan, kenapa nggak sekalian saja Rp 2 M, 3 M, atau 5 M? Intinya adalah berapa pun selama itu ekivalen dengan kinerja dan pelayanan yang membaik kepada masyarakat, kita nggak keberatan. Jangan pensiun naik, kerja pelayanan juga makin ogah-ogahan," kata Yaqut.

"Iya dong (kerja ASN harus meningkat). Jika tidak, buat apa dibayar tinggi-tinggi? Kan kewajiban ASN itu memberikan pelayan kepada masyarakat," lanjut dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2