Jejak Nurhadi: Sekretaris MA, Raih Gelar Keraton, Buron 'Senilai' iPhone 11

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 09:26 WIB
Nurhadi saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Senin (15/8/2016)
Nurhadi (ari/detikcom)
Jakarta -

Nurhadi kini menjadi buronan KPK. PNS dengan puncak tertinggi sebagai Sekretaris Mahkamah Agung (MA) itu diburu karena tidak mau diperiksa terkait kasus korupsi Rp 46 miliar. Siapakah Nurhadi?

Nurhadi merupakan pria kelahiran Kudus pada 19 Juni 1957. Gonjang-ganjing terus mendera pasca ia dilantik menjadi Sekretaris MA pada September 2011. Ia menggelar syukuran dan mementaskan wayang kulit semalam suntuk pada September 2012 di Semarang dengan sangat heboh.

Saat menjadi Sekretaris MA, ia mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta dengan gelar Kanjeng Raden Haryo (KRH). Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi mengatakan pemberian gelar kepada Nurhadi diberikan pada peringatan penobatan Paku Buwono XIII pada tahun 2011 lalu. Pemberian gelar itu disebut sebagai hak dari Nurhadi.

"Beliau memang keturunan Susuhunan Paku Buwono V, jadi memang masih kerabat dekat Keraton Surakarta. Gelar sebelumnya adalah RM (Raden Mas), itu sesuai gelar darah. Karena perhatian dan komitmen dia maka kami berinisiatif memberi gelar kepada beliau KRH (Kanjeng Raden Haryo) pada tahun 2011 lalu. Itu memang hak beliau sebagai kerabat," ujar Eddy pada 31 Oktober 2012.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4