Round-Up

Silang Pendapat Pasca Prabowo Jadi Menhan Terbaik Versi Survei

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 08:58 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta -

Survei Indo Barometer tentang Prabowo Subianto mendapat predikat menteri kinerja paling baik dan menteri terpopuler rupanya menuai polemik di lingkaran partai politik. Banyak partai politik yang sepakat dengan hasil survei dan ada juga yang tidak. Seperti apa pandangan mereka?

Indo Barometer merilis survei terkait pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Salah satu hasilnya adalah Menhan Prabowo Subianto memperoleh persentase tertinggi di kategori 'menteri paling dikenal publik' dan di kategori 'menteri yang kinerjanya bagus'.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Respons pertama disampaikan oleh Partai Gerindra, melalui Wakil Ketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dasco mengaku bersyukur lantaran Ketumnya mendapat predikat menteri terpopuler dan menteri berkinerja baik.

Meski begitu, Dasco menilai Prabowo mendapat predikat itu juga dikarenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dasco menyebut di setiap langkah Prabowo bekerja itu selalu mengikuti saran dan arahan Jokowi, karena bekerja sesuai dengan visi-misi pemerintahan Jokowi.

Respons positif juga disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md, Mahfud mengaku sepakat dengan hasil survei Indo Barometer yang menyebut Prabowo berkinerja baik.

"Prabowo memang bagus," singkat Mahfud di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

PDIP, yang merupakan partai pengusung Presiden Joko Widodo juga bersyukur Prabowo menjadi predikat. Tidak lupa, PDIP juga memuji kinerja Presiden Jokowi karena telah menempatkan sosok yang tepat untuk pertahanan Indonesia.

"Kita senang kinerja Pak Prabowo bagus dan berarti Pak Jokowi orang yang selalu, yang tepat, the right man and the right place. Dia menempatkan orang-orang itu benar. Orang kan ada sinisme kenapa Pak Prabowo ngurusin pertahanan, jadi Menteri Pertahanan. Kan terjawab pelan-pelan," kata politikus PDIP Trimedya Panjaitan.

Selanjutnya
Halaman
1 2