Tjahjo Kumolo Minta ASN Solid dan Setia Pancasila Seperti Prajurit TNI

Yogi Ernest - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 20:02 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo
Foto: Tjahjo Kumolo (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo berharap para aparatur sipil negara (ASN) memiliki sikap solid dan setia kepada Pancasila. Ia mengatakan ASN harus mencontoh sikap dari prajurit TNI.

Tjahjo memiliki alasan tersendiri mengapa dia berharap para ASN mencontoh prajurit TNI. Para ASN, sebut Tjahjo, kerap kali goyah ketika satu pimpinan mereka terkena kasus korupsi. Menurutnya, para ASN harus tetap solid dan fokus pada pekerjaannya.

"Kami ingin seperti TNI, misalnya. TNI itu ya Sapta Marga, sumpah prajurit, selesai. Setia pada Pancasila, setia UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. ASN juga harus seperti itu," kata Tjahjo di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Tjahjo menyampaikan jika Presiden Jokowi juga berharap para ASN bersikap profesional, siapapun presiden dan menteri yang menjabat. Menurut Tjahjo, kesolidan ASN sangat penting dalam konteks konsolidasi demokrasi.

Tjahjo kemudian menyinggung soal radikalisme di kalangan ASN. Ia menegaskan tidak akan berkompromi soal itu. Dirinya pun memastikan tidak akan segan mencopot ASN yang terbukti terlibat dalam radikalisme.

"Jadi tiap ASN yang terpapar radikalisme mohon maaf harus coret berhenti. Ini harus tegas karena kita harus berani menentukan sikap siapa kawan dan siapa lawan," kata Tjahjo.

"(Siapa) ingin memporak-porandakan Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus kita lawan. Itu bukan tanggung jawab TNI, itu bukan tanggung jawab Polri, itu semua tanggung jawab kita khususnya dalam bagaimana memfilter ASN dengan baik,"sambungnya.

(gbr/gbr)