Bapeten-Polisi Selidiki Unsur Kelalaian Terkait Limbah Radioaktif di Tangsel

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:49 WIB
Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan.
Foto: Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan (Sachril-detikcom)
Jakarta -

Limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) belum diketahui berasal dari mana. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Dugaan kecerobohan maupun yang lainnya, tentu saja nanti kita koordinasi dengan pihak kepolisian. Jadi apakah ini ada kelalaian, atau tindakan kesengajaan, itu kami nanti akan berkoordinasi dengan pihak penegak hukum, dalam hal ini kepolisian," kata Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Senin (17/2/2020).

Indra mengatakan, polisi adalah pihak yang berwenang untuk menyelidiki hal itu. Dia menjelaskan, Bapeten menyerahkan hal ini sepenuhnya ke polisi.

Dia pun mengungkapkan, Bapeten akan memberikan data yang dibutuhkan kepolisian untuk proses penyelidikan. Indra mengatakan saat ini koordinasi awal telah dilakukan dengan kepolisian.

"Karena tentu saja ini membutuhkan data awal, yang kebetulan data awalnya masih ada barang bukti, masih ada di Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional). Data-datanya kita tunggu untuk bisa dikeluarkan, baru nanti kita koordinasikan ke pihak kepolisian," lanjutnya.

Simak Video "Hujan Deras, Pengangkutan Limbah Radioaktif di Tangsel Dihentikan!"

Selanjutnya
Halaman
1 2