Ungguli Anies di Survei Atasi Banjir, Ahok: Kita Hanya Ikuti Aturan

Lukman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:39 WIB
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok (Lukman Nurhadi/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Indo Barometer menyebutkan mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dinilai lebih unggul mengatasi banjir dibanding Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan. Ahok mengatakan kuncinya hanya mengikuti aturan.

"Saya kira kita kan hanya mengikuti aturan yang ada ya," kata Ahok di kantor Tempo, Jalan Palmerah Barat, Grogol Timur, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Ahok mengatakan DKI Jakarta sejak zaman Belanda sudah ada desainnya. Untuk mengatasi banjir, semua sungai dan saluran penghubung harus terus dijaga. Sungai-sungai juga harus terus dikeruk.

"DKI ini udah dari zaman Belanda sudah ada desainnya, tanggul 1.300 saluran dihubungin, ada Cengkareng Drain, ada Banjir Kanal Barat, ada Banjir Kanal Timur, ada Cakung Drain. Seluruh tanggul mesti beres, mesti pasang pompa. Pompa masih aktif, pengerukan sungai mesti dilakukan terus-menerus, 1.300 penghubung saluran mesti terjaga kami tunjukkin," papar Ahok.

"Itu ya nggak ada yang aneh karena itu bukan dari saya. Itu memang dari PU pusat, dari Belanda udah begitu konsultannya," sambungnya.

Sebelumnya, hasil survei Indo Barometer, Ahok berada di posisi pertama sebagai pemimpin daerah paling berhasil mengatasi banjir Jakarta. Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan bertengger diperingkat kedua dan ketiga.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut ini hasil survei Indo Barometer soal permasalahan Jakarta:

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir:
1. Basuki Tjahaja Purnama (42%)
2. Joko Widodo (25%)
3. Anies Baswedan (4,1%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah kemacetan:
1. Basuki Tjahaja Purnama (35,3%)
2. Joko Widodo (25,3%)
3. Anies Baswedan (8,3%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah pendidikan:
1. Joko Widodo (35,1%)
2. Anies Baswedan (25,3%)
3. Basuki Tjahaja Purnama (15,3%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah kesehatan:
1. Joko Widodo (35,7%)
2. Anies Baswedan (20,4%)
3. Basuki Tjahaja Purnama (17,8%)

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah ekonomi:
1. Joko Widodo (33,8%)
2. Basuki Tjahaja Purnama (18,4%)
3. Anies Baswedan (18%)

(hri/fjp)