Ahok Ungkap Alasan Sebenarnya Ingin Dipanggil BTP

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:12 WIB
Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat di temui di kantornya Balai Kota, Jakarta Kamis (06/11/2014). Ahok
Basuki Tjahaja Purnama (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bercerita mengenai asal-usul sebutan 'BTP'. Ahok mengaku bertemu dengan seorang ibu bhayangkari dan diingatkan tentang makna sebuah nama.

Cerita itu disampaikan Ahok dalam acara peluncuran bukunya, 'Panggil Saya BTP', dalam acara Ngobrol Tempo di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Ahok mengatakan awalnya panggilan 'BTP' itu disiapkan untuk sebuah acara di sebuah stasiun televisi nasional.

"'Panggil Saya BTP' cerita itu dari mana? Ini buat acara show di Metro TV, jadi waktu itu kita melempar acara itu Metro TV tidak mau Ahok Show, lalu diformulakanlah, apa? Ada Kick Andy, ada Mata Najwa?" ujar Ahok.

Ahok lantas menceritakan saat dirinya bertemu dengan seorang ibu bhayangkari. Si ibu heran atas sebutan Ahok.

"Kebetulan ada ibu-ibu bhayangkari ketemu saya ngomong gini, dia besuk nih. 'Pak Ahok, kok mau dipanggil Ahok, artinya apa Ahok itu?'" ujar dia.

Komisaris Utama Pertamina itu menjelaskan 'Ahok' berasal dari kata 'Hok' yang berarti banyak-banyak belajar. Nama 'Ahok' itu merupakan pemberian ayahnya.

"Ya kenapa dikasih 'A', ya panggilan orang keturunan Tionghoa begitu kan, kalau 'A' berarti kan tidak, asusila amoral, itu kan. Jadi kalau bilang 'Ahok', tidak belajar jatuhnya. Kenapa nama aslinya 'Basuki', makmur, sukses, berhasil bercahaya, 'Purnama' kok nggak mau dipakai, kan Basuki Tjahaja Purnama lebih baik daripada pakai Ahok, iya juga ya," ujar dia.

Tonton video Penampakan RTH Zaman Ahok yang Dijadikan Sentra Kuliner:

Selanjutnya
Halaman
1 2