Pramono Luruskan soal Kunjungan ke Kediri: Jokowi Tak Takut ke Mana-mana

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:10 WIB
Pramono Anung (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Pramono Anung (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung meluruskan soal Presiden Jokowi yang tidak berkunjung ke Kediri dan dikaitkan dengan mitos lengsernya presiden. Pramono menegaskan bahwa Jokowi belum pernah diundang untuk kunjungan ke Kediri.

"Kalau Bapak Presiden, saya sebagai pembantu Presiden tentunya akan menyampaikan kepada beliau untuk tidak datang. Ini kata-kata ini, untuk tidak datang, ya karena beliau tidak diundang. Mana mau datang? Kemudian waktu di-framing beritanya Jokowi takut ke Kediri, kan kita tahu Presiden kita ini tidak takut ke mana-mana," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

"Mau ke mana saja, ke Afghanistan saya juga mendampingi. Apalagi hanya ke Kediri," lanjutnya.

Pramono mengatakan bahwa Jokowi tidak masalah jika di lain waktu diundang ke Kediri. Pramono merasa kaget pernyataannya dipelesetkan.

"Nggaklah mana ada (anti Kediri). Pak Jokowi itu Presiden RI, saya terus terang kaget jadinya liar banget. Ini bercanda dan menyampaikan Pak Jokowi tidak diundang, dan semua orang gerr, ketawa," ujar Pramono.

Pramono yang berasal dari Kediri mengakui bahwa mitos jika Presiden ke Kediri memang ada. Lebih lanjut, pidatonya yang ia sampaikan di Kediri dalam suasana bercanda. Pramono pun melontarkan candaan bahwa Wapres Ma'ruf Amin sudah memiliki 'penawar' jika ke Kediri.

"Karena yang diundang dalam acara reuni akbar dan muktamar itu Pak Wapres (Ma'ruf Amin), sambil bercanda saya bilang kalau Pak Wapres monggo saja mau datang karena diundang dan beliau kiai, beliau tahu penawarnya. Semua orang juga ketawa, ngakak," tuturnya.

Pernyataan Pramono menanggapi sambutan KH Kafabihi Mahrus, yang menjelaskan bahwa Kediri daerah wingit atau angker untuk presiden. Namun ada cara bagi presiden yang ingin berkunjung ke Kediri dengan aman. Cara itu adalah berkunjung atau berziarah dan berdoa di makam Syekh Al-Wasil Syamsudin, Mbah Wasil Setono Gedong, Kota Kediri.

Tonton juga video Jokowi Usul Turis Asing dan Lokal Diberi Diskon Liburan:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)